Arti Sebuah Nama: Meaning of a Name

Posted on 23 Maret 2013

3


Sesungguhnya kamu kelak pada hari kiamat akan dipanggil dengan namamu dan nama-nama ayahmu, maka perindahlah namamu.

Salah satu hak anak yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab orang tua adalah memberinya nama. Inilah yang diajarkan oleh agama Islam kepada para orang tuadan calon orang tua. Memberi nama kepada seorang anak hukumnya adalah wajib, dan hal ini merupakan salah satu wujud dari tanggung jawab dari orang tua dan merupakan wujud dari hak yang dimiliki oleh seorang anak.

Merujuk pada sabda Rasulullah saw, tanggung jawab dan kewajiban orang tua yang berupa pemberian nama kepada seorang anak ini memiliki aturan-aturan atau adab atau tata cara tertentu. Dengan jelas Rasulullah saw mengatakan bahwa orang tua harus memberikan nama yang bagus kepada seorang anak. Jadi, kewajiban ini tidak sekedar memberikan nama saja, melainkan pemberian nama yang bagus kepada seorang anak. Pertanyaannya adalah, apakah yang disebut dengan nama yang bagus dalam khasanah ajaran Islam? nama yang bagus adalah sebuah nama untuk anak yang menggunakan bahasa arab, ataukah bahasa apa pun bisa dipergunakan asalkan saja mengandung makna dan arti yang bagus. Atau yang disebut bagus disini adalah nama yang diambil dari kitab suci al-Qur’an, hadits nabi, atau doa-doa tertentu di dalam literatur Islam.

Apa pun namanya dan apa pun bahasa yang mawakilinya, asal ia memiliki arti, makna, atau hikmah yang bagus maka ia bisa disebut sebagai nama yang bagus. Ukuran bagus disini adalah sbb:

  • ia tidak bertentangan dengan hukum kebenaran
  • ia tidak bertentangan dengan nilai-nilai keluhuran, kemuliaan, dan kebaikan
  • ia mencerminkan kehendak untuk selalu berusaha hidup dengan kebenaran, keluhuran, kemuliaan dan kebaikan.
  • ia menunjukkan kerendahan, kepasrahan, kepatuhan, dan ketaatan kepada Allah SWT. Dengan kata lain ia mewakili eksistensi sebaga seorang makhluk di hadapan sang khaliq.

Dengan demikian, ketika anda memberi nama putra dan putri anda dengan makna yang bagus dan indah, hal ini tentu saja akan menjadi sugesti, motivasi, atau alat kontrol bagi anda dan putra putri anda agar dirinya menunjukkan sikap, perilaku, dan perbuatan yang tidak bertentangan dengan namanya. Dengan kata lain, sebuah nama akan menjadi pengingat dan penanda bagi seorang anak agar dirinya selalu berusaha bersesuaian dengan namanya.

Dikutip dari Sebuah buku karangan Dr.Athif Lamadhah, penerbit Diva Press, Jogjakarta

Posted in: Agama, Artikel